Berita

Diskografi Album JIKUSTIK

Jikustik adalah grup musik Indonesia yang terbentuk tanggal 26 Februari 1996 di Yogyakarta yang formasi awalnya adalah: Pongki Barata (vokal, gitar), Icha (bass, vokal), Dadi (gitar, vokal), Adhit (keyboard) dan Carlo (drum).

Jikustik adalah grup musik Indonesia yang terbentuk tanggal 26 Februari 1996 di Yogyakarta yang formasi awalnya adalah: Pongki Barata (vokal, gitar), Icha (bass, vokal), Dadi (gitar, vokal), Adhit (keyboard) dan Carlo (drum). Setelah album ke-delapan (Malam) Pongki keluar dan digantikan oleh Brian sebagai vokalis. Setelah album ke-sembilan (Kembali Indah), sang pencabik bass, Icha, mengundurkan diri dan digantikan oleh Bayu.

2015

Tetap Berjalan – 2015

Album terbaru Jikustik bekerjasama dengan Warner Music Indonesia dan MIXPRO, salah satu single yang diperkenalkan dan menjadi lagu utama dengan judul “So Sweet” yang terdapat dalam album “Tetap Berjalan”. Album terbaru dari Jikustik tersebut dirilis pertama kali di iTunes pada tanggal 6 November 2015. Adapun jumlah lagu yang terdapat dalam album tersebut ada 10 lagu.

Dalam pengemasan album “Tetap Berjalan” Jikustik akan memberikan sebuah nuansa baru dalam lagu-lagunya. Salah satunya single “So Sweet” dibalut dengan sentuhan-sentuhan musik disko tahun 80’an sehingga bisa membangkitkan suasana baru bagi pendengarnya yang lebih energik.

Single “So Sweet”, lagu tersebut memiliki tema kisah percintaan dua insan yang intinya adalah sebuah rasa pengungkapan sebuah rasa yang begitu besar kepada pasangannya.

Meskipun ada beberapa lagu dengan balutan nuansa yang berbeda dengan album-album pendahulunya, Jikustik tetap tidak meninggalkan “ciri lamanya” yang begitu disukai oleh para penggemarnya yaitu lagu-lagu Melow. Bahkan beberapa lagu pop ballad dalam album “Tetap Berjalan” juga masih menghiasi dengan tema-tema cinta.

2011

Kembali Indah (2011)

Kembali Indah adalah album musik kesembilan karya Jikustik yang dirilis pada tahun 2011. Formasi baru Jikustik hadir dalam album ini, yaitu sang vokalis Brian yang resmi menggantikan Pongki pada tahun 2010 lalu. Album ini berisi 10 lagu dengan singel Pujaan Hatiku. Pongki yang memutuskan vakum dari Jikustik akhirnya digantikan posisinya oleh brian sejak tahun 2010.

Pada awal April 2011, Brian Prasetyoadi secara resmi telah menggantikan Pongki sebagai vokalis tetap Jikustik. Tak lama setelah itu, single ke-2 untuk album “Kembali Indah” dirilis. Lagu berjudul “Pujaan Hatiku” yang diciptakan oleh Adhit sang keyboardist itupun sempat merajai chart di radio-radio di penjuru tanah air. Pertengahan November 2011, album ‘Kembali Indah” dirilis. Pada April 2012, Icha sang bassis dan vokalis pun mengundurkan diri dari Jikustik.

2008

Malam (2008)

Malam merupakan sebuah album musik karya Jikustik. Dirilis pada tahun 2008. Berisi 12 buah lagu dengan lagu Selamat Malam dan Dia harus Tahu sebagai lagu utama album ini. Pada album ini, Jikustik memberikan inovasi dengan sentuhan disco. Tak tanggung-tanggung, producer Tyo Adrian digaet dalam penyusunan album ini. Album ini kemudian menjadi album terakhir Pongki selama berkarier dalam Jikustik.

2006

Siang (2006)

Siang adalah album musik karya Jikustik. Dirilis tahun 2006. Berbeda dengan album-album sebelumnya di mana Jikustik memiliki 3 vokalis utama, yaitu Pongki, Icha, dan Dadi; pada album ini hanya Pongki yang menjadi vokal utama. Pada album ini juga, Jikustik memiliki hits pertama yang bukan diciptakan oleh Pongki dan Icha, yaitu “Puisi” yang diciptakan oleh Dadi. Dalam sebuah wawancara, Pongki mengakui bahwa lagu “Puisi” merupakan penyelamat karier Jikustik yang penjualan album sebelumnya sempat menurun. Lagu “Puisi” sempat merajai chart-chart radio dan MTV Ampuh, di mana kala itu chart MTV Ampuh merupakan salah satu chart musik bergengsi di Indonesia.

2005

Kumpulan Terbaik Jikustik (2005)

Kumpulan Terbaik Jikustik adalah album musik karya Jikustik dirilis tahun 2005. Berisi 14 buah lagu yang sebagian besar terdapat dalam album-album terdahulu. Album ini menandakan eksistensi Jikustik setelah penurunan penjualan album dan gosip bubarnya Jikustik. Lagu utama album ini adalah lagu Aku Datang Untukmu yang dinyanyikan Jikustik berduet dengan Lea Simanjuntak. Selain hits-hits lawas, hits baru yang muncul dari album ini adalah “Aku Datang Untukmu”

2004

Pagi (2004)

Album keempat Jikustik “Pagi” ‘dilempar’ ke pasaran tanggal 4 November 2004. Unsur akustik mendominasi album ini, seperti lagu “Pergi Tanpa Pesan”, “Pulanglah Padanya”, “Aku Pasti Mencarimu”, “Lelaki Yang Tersisa”, “Sudah Terjawab”, “Melawan Kesepian”, “Kawan Aku Pulang”, “Akupun Menunggu”, “Aku Percaya Padamu”, dan “Lagu Sedih”. Dalam album ini terdapat 14 lagu dalam dua format yaitu kaset dan CD, masing-masing berisi 12 lagu dengan bonus track yang berbeda satu dengan lainnya. Meskipun terjadi penurunan penjualan dibandingkan album-album sebelumnya, banyak yang mengatakan bahwa album ini adalah album yang benar-benar “Jikustik”. Pada abum inilah Jikustik mengeluarkan idealismenya dan sedikit mengabaikan pasar. Bagi beberapa penggemar Jikustik, justru album inilah album terbaik Jikustik. Nuansa akustik yang segar mendominasi isi album ini.

2003

Sepanjang Musim (2003)

Jikustik mengeluarkan album ketiga mereka bertajuk “Sepanjang Musim” pada 13 Oktober 2003. Nuansa distorsi gitar mendominasi isi album ini. Dalam album ini terdapat 10 lagu dalam format kaset dan 11 lagu untuk format CD.  Tak berbeda dengan album sebelumnya, beberapa lagu dalam album ini mampu menduduki tangga lagu tanah air, seperti “Untuk Dikenang”, “Tak Pantas Untukmu”, “Ini Bukan Kesalahan”, dan “Samudera Mengering”. Lagu “Aku Dan Dunia” menjadi Original Sound Track (OST) dalam sinetron ‘Buce Li’. Dalam minggu perdana peluncurannya, album “Sepanjang Musim” mencatat penjualan 150.000 kopi.

2002

Perjalanan Panjang (2002)

Pada 5 Juni 2002, Jikustik merilis album kedua mereka “Perjalanan Panjang” di Planet Hollywood, Jakarta. Album kedua ini berisi 12 lagu terbaik karya mereka. Beberapa lagu dari album kedua ini sempat menduduki posisi teratas pada chart beberapa radio di tanah air, antara lain “Tak Ada Yang Abadi”, “Pandangi Langit Malam Ini”, “Menggapaimu”, dan “Akhiri Ini Dengan Indah”.

2001

Seribu Tahun Repackaged (2001)

Pada tahun 2001, Jikustik menambahkan 3 buah lagu dalam album ini, yaitu lagu Jangan Pernah Kau Layu, Kau Menghilang versi remix dan Setia. Lagu “Saat Kau Tak Di sini”, “Aku Ini”, “Berdua Lagi”, “Jangan Pernah Kau Layu” dinyanyikan oleh Icha. Lagu “Hutan” dinyanyikan oleh Dadi & Pongki. Album edisi khusus “Seribu Tahun” ini mampu terjual hingga 600.000 kopi.

2000

Seribu Tahun (2000)

Seribu Tahun adalah album musik karya Jikustik. Album yang dirilis pada tahun 2000 ini berisi 10 buah lagu dengan lagu Maaf, Seribu Tahun Lamanya, Saat Kau Tak Disini dan Setia sebagai lagu utama dalam album ini.

Comments

Most Popular

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co